Bahan Kreatifitas

2009 March 14
by Meidya Derni

Kegiatan bermain bagi anak sama saja dengan belajar. Mereka belajar mengenal dirinya, orang sekitarnya, bahkan dunia sekitar mereka. Untuk itu waktu bermain merupakan saat yang penting untuk anak belajar dan berkembang. Permainan bagi anak, tidak memerlukan barang-barang yang mahal, bahkan dengan kreatifitas anak semua benda yang tidak berguna bagi orang dewasa merupakan treasure buat mereka.

Kotak bekas, berhias telapak tangan mereka dan lukisan, yang menjadi treasure box yang berharga buat mereka. Dari kegiatan ini mereka belajar berkreasi, berimajinasi, menganalisa dan menyelesaikan permasalahan mereka sendiri.

Anak pun belajar banyak jika saat berekplorasi mereka mengunakan kelima panca inderanya. Jika botol pelastik kosong bekas bumbu tidak dipakai lagi, bagi mereka dapat dipergunakan untuk bermain dapur-dapuran. Anak pun mengerti jika suatu saat ke pasar dan melihat botol tersebut. Mereka akan tahu botol itu isinya garlic bubuk. Anak menganalisa gambar, bahkan dari bekas botol tersebut, mereka tahu aroma garlic. Atau aroma pepper, Italian seasoning, mustard, saos tomat, dll

Dari potongan-potongan sisa tekstil, dengan tekstur yang berbeda dapat dibuat menjadi buku dengan menempelkan potongan gambar sesuai tekstur yang tersedia. Anak pun dapat diperkenalkan dengan berbagai macam nama jenis bahan tersebut.

Dari kotak-kotak bekas makanan menjadi blok untuk membangun castle, bahkan menjadi sebuah perpustakaan kecil untuk menyimpan buku-buku mereka.

Kreatifitas tersebut tidak membutuhkan biaya yang besar dan memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. (MD)

No comments yet

Leave a Reply

Note: You can use basic XHTML in your comments. Your email address will never be published.

Subscribe to this comment feed via RSS