Membuat Anak Suka Sayuran

2011 May 3
tags:
by Meidya Derni

“Kok, mau sih makan sayur? Anakku dikasih sayur apa saja tidak mau?”
“Anak saya sayur dan buah tidak mau?”

Anak susah makan, anak tidak suka makan sayur atau buah, itu sering dikeluhkan oleh orangtua. Apa yang harus dilakukan?

Sejak kecil saya senang makan sayur. Sayuran yang dimasak ataupun sayuran mentah. Jika saya makan di luar, maka pilihan pertama saya adalah sayuran. Tidak apa-apa tidak ada lauk, asal ada sayur.

Saya ingat mengapa saya begitu mencintai sayur karena kedua orangtua saya senang makan sayur. Saya melihat betapa kedua orangtua saya menikmati makan sayur. Setiap hari pasti ada sayuran di atas meja makan. Orangtua saya juga sering berkata betapa pentingnya makan sayur. Tentang tubuh yang memerlukan nutrisi yang diperoleh dari sayuran tersebut.

Karena dari balita saya sudah senang makan sayur maka sampai dewasa pun saya tetap suka makan sayur. Setelah menikah sayuran harus ada di menu sehari-hari yang saya bikin.

Sampai anak-anak saya lahir, saya perkenalkan mereka dengan sayuran. Mereka melihat betapa saya menikmati sayuran, mulai dari yang mentah sampai yang dimasak. Senangnya saat mereka balita, ternyata di sekolah anak-anak, gurunya juga senang menyediakan sayuran untuk snack.

Brocoli, celery, baby carrot, timun, tomat, disediakan di atas piring lengkap dengan dressingnya. Anak-anak kecil itu dengan santainya menikmati renyahnya sayuran segar dan gurihnya dressing tersebut.

Nah untuk itu jika anak Anda tidak suka makan sayur maka:
– Berikan pilihan pada anak untuk memilih sayuran yang ingin mereka coba. Baik itu yang mentah ataupun yang matang.  Sediakan juga dressing buat anak. Seperti anak saya senang sekali makan salad dengan ranch dressing, ditaburi keju parut.

– Sediakan selalu sayuran di meja makan, walaupun anak tidak tertarik.

– Tunjukkan pada anak betapa nikmatnya makan sayur. Pastikan wajah Anda bahagia,  tersenyum saat menyantap sayuran tersebut.

– Katakan pada anak tentang pentingnya makan sayur. Misalnya, dik tahu nggak wortel ini kaya vitamin A yang diperlukan oleh mata. Jeruk ini, kaya vitamin C, bagus lho buat kulit adik. Lihat nih kulit mama, bagus kan cerah, nggak kering. Itu karena mama senang makan sayur lho.

– Ajak anak memasak sayuran bersama, juga memilih sayuran saat belanja.

Nah selamat mencoba 🙂

No comments yet

Leave a Reply

Note: You can use basic XHTML in your comments. Your email address will never be published.

Subscribe to this comment feed via RSS