Konflik Anak

2011 March 31
by Meidya Derni

Pernahkah Anda memperhatikan anak-anak disekitar Anda? Anak-anak sama seperti orang dewasa, yang terkadang memiliki perbedaan pendapat dengan orang lain dari waktu ke waktu. Perbedaan ini terjadi dengan teman bermain, teman sekolah bahkan saudara kandung.
Seberapa baik anak-anak mengatasinya perbedaan tersebut tergantung pada bagaimana orang dewasa ataupun orangtua mengajari anak dan keterlibatan mereka dalam mengatasi masalah. Ada kalanya sebagai orangtua kita harus campur tangan dalam perselisihan dan ada kalanya kita membiarkan anak mengatasi masalahnya sendiri.

Jika perselisihan terjadi dalam keluarga maka dalam intervensi, orangtua tidak boleh berpihak pada satu anak, hanya membantu memikirkan solusi. Mendorong anak untuk mengembangkan keterampilan dalam menyelesaikan konflik dan memecahkan masalah.

Orangtua harus campur tangan bila:

* ada ancaman cedera
* permasalahan yang sama dengan argumen yang sama
* ketidakseimbangan kekuatan
* anak-anak sangat emosional dan tidak dapat mengendalikan diri

Anak-anak balita tidak memiliki banyak pengalaman dalam menyelesaikan masalah, untuk itulah bantuan orangtua dibutuhkan. Mereka hanya tahu metode fisik seperti mendorong, mengambil sesuatu, atau mungkin menggigit.  Anak yang lebih besar memiliki pengalaman dalam menyelesaikan konflik dengan teman, tapi masih perlu bimbingan.

Jika anak sudah besar, maka orangtua dapat membantu dengan cara:

* Membiarkan setiap anak menceritakan kisahnya tanpa gangguan.
* Bantu mereka untuk melihat sudut pandang orang lain, termasuk pandangan netral Anda sebagai orang tua.
* Brainstorm, mencari solusi dari pendapat anak-anak.
* Meminta anak untuk menjalankan solusi yang sesuaikan dengan kebutuhan.

Konflik dan perbedaan pendapat adalah bagian dari kehidupan dalam keluarga.  Mempertahankan keluarga yang damai membutuhkan keterlibatan seluruh anggota keluarga. Berikan penghargaan pada anak setiap kali anak-anak bekerja sama dalam menyelesaikan konflik mereka tanpa campur tangan orang tua.

No comments yet

Leave a Reply

Note: You can use basic XHTML in your comments. Your email address will never be published.

Subscribe to this comment feed via RSS