Copy Resepnya

2011 February 7
tags:
by Meidya Derni

“Kuenya bagus. Bagi resepnya ya.”
“Nih resepnya. Contoh yang sama ya biar jadinya sukses.”
Lalu saat membuat kue…, ” Ya telornya habis. Ya sudah tidak usah pakai telor.”

“Lho, kok kue ku gagal sih. Ah memang tidak bakat bikin kue. Resepnya salah nih.”

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering bertanya resep pada seseorang.
“Apa ustadzah resepnya agar anak saya bisa ngaji seperti anak Ustadzah?”
“Apa Bu, resepnya biar anak saya nurut seperti anak ibu?”

Setelah kita mengetahui resepnya, kita tidak melaksanakannya sama seperti yang dikatakan. Kita bikin modifikasi sana-sini, yang mudah kita ambil dan yang sulit kita tinggalkan.

Kita tidak berpikir bahwa yang sulit itulah tantangan kita agar memperoleh hasil yang kita inginkan. Jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan kita maka  kita salahkan pemberi resep. Atau bahkan menyalahikan diri sendiri. “Memang anak saya saja yang sulit diatur.”

Sama ketika seseorang bertanya pada saya, “Bagaimana resepnya agar bisa menulis.” Saya jawab resepnya simple saja, “banyak baca buku dan menulis.”
“Wah Mbak, saya belum bisa nulis kok disuruh menulis sih. Mbak salah kasih resep ah.”

Padahal resep tersebutlah yang saya pakai dan semua penulis memakai resep tersebut. Baca dan menulis. Dengan membaca kosa kata kita bertambah. Dengan menulis kita semakin trampil, semakin baik hasilnya.

Saat seorang ibu berkata bagaimana dia mendidik anaknya agar cinta Al Quran dengan membiasakan membaca Al Quran setiap hari, ya kita turuti resepnya. Jangan hanya membaca jika ada waktu saja.

Memang resep dapat dimodifikasi, tetapi inti dari resep tidak boleh dimodifikasi. Misalnya saja ada anak yang senang membaca Al Quran setelah sholat magrib, ada yang senang membaca dipagi hari.  Intinya tetap membaca, tetapi waktunya yang kita sesuaikan.

Begitu juga jika kita ingin mencontoh kesuksesan seseorang dalam menjalankan usaha, tanyakan resepnya dan copy resepnya sesuai petunjuk beliau sehingga bisa sukses.

No comments yet

Leave a Reply

Note: You can use basic XHTML in your comments. Your email address will never be published.

Subscribe to this comment feed via RSS