Puber Berjerawat

2011 January 30
tags:
by Meidya Derni

Putriku kini menjelang remaja. Walaupun tidak seperti teman-temanya yang mulai berdandan memakai kosmetik, dengan gaya pakaian dan sepatu meniru orang dewasa. Tetapi putriku pun mengalami masalah-masalah yang dihadapi remaja. Mulai dari perasaan sensitif, rambut berminyak, muka mulai berjerawat hingga masalah kulit lainnya. Masa remaja memang sering disebut dengan masa puber.

Pubertas yaitu masa ketika seorang anak mulai mengalami kematangan secara seksual dan organ-organ reproduksi siap untuk menjalankan fungsi reproduksinya. Masa puber seorang anak dengan anak yang lain sangat bervariasi. Pada anak perempuan, pubertas dimulai lebih awal, yaitu sekitar umur 10 sampai 14 tahun (ada literatur yang menyebutkan 8 sampai 14 tahun) dan pada anak lelaki sekitar umur 12 sampai 16 tahun (sumber lain menyebutkan 9 sampai 15 tahun).

Pubertas dimulai ketika hipotalamus, yang merupakan bagian otak, melepaskan hormon GnRH (gonadotropin releasing hormone). Hormon pelepas gonadotropin ini (GnRH ) akan memberikan sinyal pada kelenjar pituitari untuk melepaskan luteinizing hormone (LH) dan follicle-stimulating hormone (FSH) untuk memulai perkembangan seksual, baik pada anak laki-laki maupun perempuan.

Tanda pubertas seorang anak yang mudah sekali dilihat adalah perubahan fisik. Umumnya pubertas memiliki pola. Pada anak perempuan, pubertas ditandai dengan pertumbuhan payudara, kemudian rambut di sekitar kemaluan. Pola selanjutnya yaitu mulai tumbuh rambut di sekitar ketiak dan tahap terakhir yaitu munculnya menstruasi pertama.

Pada anak lelaki, pubertas ditandai dengan bertambahnya ukuran kemaluan,  tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan dan ketiak. Sejumlah kecil jaringan otot tumbuh di sekitar dada. Suara berat dan dalam, tumbuhnya otot-otot tubuh, dan tahap terakhir yaitu munculnya rambut di daerah wajah.

Pada banyak remaja dalam masa puber, baik laki-laki maupun perempuan, perubahan yang cukup mengganggu yaitu jerawat. Selama pubertas, kulit anak menjadi lebih berminyak dan keringat menjadi lebih banyak. Hal ini disebabkan kelenjar minyak juga tumbuh selama masa puber.

Menjaga kulit tetap bersih merupakan hal penting yang perlu diingatkan orang tua bagi anaknya yang sedang tumbuh dewasa. Deodoran dan antiperspiran juga dapat digunakan untuk mengontrol keringat dan bau badan. Tidak perlu heran bila jerawat masih “menghiasi“ wajah remaja puber yang teratur membersihkan wajah.  Hal ini normal karena kadar hormon yang melonjak tinggi.

Ingatkan anak bahwa hampir semua remaja memiliki jerawat pada pubertas, agar anak tidak perlu malu atau minder karena berjerawat. Jika masalah jerawat sangat menganggu anak, obati dengan anti bakteri seperti benzoyl peroxide dapat dioleskan pada jerawat. Jangan biasakan memegang ataupun memencet jerawat, ini bisa menimbulkan peradangan.

No comments yet

Leave a Reply

Note: You can use basic XHTML in your comments. Your email address will never be published.

Subscribe to this comment feed via RSS