Cinta Membaca

2009 November 20
tags:
by Meidya Derni

titipanSalah satu hal penting yang harus diajarkan orangtua kepada anaknya adalah agar anak suka membaca dan menulis. Orangtua dapat berbagi pengalaman membaca dan menulis dengan anak-anak mereka sehingga mereka dapat menemukan manfaat dari keterampilan ini.

Dengan bantuan Anda, anak-anak Anda akan menemukan kebahagiaan dan manfaat dari membaca seperti menemukan dunia baru, memperoleh ide-ide baru, kegiatan yang menyenangkan dan menghibur.

Lalu bagaimana Anda bisa membantu anak-anak Anda agar suka membaca?

– Tunjukkan pada anak-anak Anda betapa Anda menikmati kegiatan membaca. Jika mereka melihat Anda membaca koran, majalah atau buku, mereka akan meniru perilaku Anda.

– Ciptakan tempat khusus untuk membaca, yang tenang dan jauh dari TV.

– Kunjungi perpustakaan secara teratur.

– Biarkan anak-anak Anda memilih buku-buku mereka sendiri.

– Ajak anak untuk membuat buku sendiri.

– Membaca dalam suasan yang paling nyaman. Membaca akan menciptakan sebuah ikatan bersama antara Anda dan anak-anak Anda.

– Bacakan buku pada anak Anda sebagai hiburan yang menyenangkan. Jangan paksa anak untuk membaca. Jika Anda tidak punya waktu, minta tolong keluarga yang lain (nenek,kakek) untuk membacakan buku.

– Menulis catatan ke anak-anak Anda dan membacanya bersama-sama.

Tip Membaca Bersama Anak.

– Kedekatan satu sama lain: di pangkuan Anda atau di samping Anda. Saat membaca harus penuh kasih dan perhatian. Biarkan anak-anak mengendalikan aktivitas. Mereka harus diperbolehkan untuk membalik halaman, menyela Anda saat membaca, mengajukan pertanyaan dan meminta Anda untuk membacanya lagi.

– Minta anak untuk menyebutkan hal yang berbeda dalam buku tersebut. Ajukan pertanyaan tentang isi buku. Guru dapat melakukan hal ini di sekolah. Jika anak-anak terbiasa dengan hal itu sekarang, mereka akan belajar lebih banyak dan berbuat lebih baik di sekolah.

– Menjawab semua pertanyaan mereka. Jika Anda tidak tahu jawabannya, jujur. Cobalah untuk menemukan jawaban dengan anak-anak, atau memberitahu mereka bahwa Anda akan mencari tahu nanti. Anak-anak mengajukan pertanyaan karena mereka tertarik. Semakin banyak pertanyaan yang mereka miliki, semakin mereka tertarik untuk belajar.

– Hubungkan beberapa aspek dari buku dengan kehidupan sehari-hari. Anak-anak perlu menghubungkan apa yang mereka baca dengan kehidupan mereka sendiri. Hal ini berguna untuk menjaga kecintasn mereka terhadap kegiatan membaca.

No comments yet

Leave a Reply

Note: You can use basic XHTML in your comments. Your email address will never be published.

Subscribe to this comment feed via RSS